Selasa, 27 Agustus 2013

Efek Menonton ILC

          
            Pelajaran, hikmah, nasehat, peringatan, teguran, saran, kritik, dan segala hal sejenis itu acapkali tak pernah bisa kita prediksi adanya bukan ? kapan akan kita temui, dimana, dari siapa ? bagaimana caranya, seperti apa bentuknya, sederhananya hal – hal tersebut rasanya benar-benar tak bisa diprediksi. Seperti kali ini, datang dari sebuah skenario ; menghentikan pekerjaan dengan Tn. Toshi karena sedang dipakai adik mengerjakan tugas, lalu terjadilah proses menonton sebuah acara televisi bersama Ayah dan Ibu.

            Sesuatu yang jarang terjadi. Adalah kemungkinan yang lebih besar bahwa betah dan tertarik mengikuti seminar / training yang bermuara pada semangat dan ajakan untuk kearah yang lebih baik. Kali ini terlibat sebagai penonton sebuah acara yang menarik ; ILC (Indonesia Lawyers Club).

            Bahaya sekali memang jika sampai terjebak pada sikap seperti nasehat itu ; menggigit lebih besar dari kemampuan menggigit, maka demi itu tidak akan membahas tema apa yang ada disana. Kapasitas dan pengetahuan diri agaknya tidak kompetensi untuk bicara tentang itu, maka biarlah kali ini saya mengatakan tentang apa yang bisa saya tangkap dari menyaksikan dan menyimak dari sebuah acara yang bernama itu tadi ;
DIbawah ini, sampe merasa harus buat status segala, memorable dirasa soalnya.

Entah kenapa belakangan ini seakan lupa dan merasa kalau efBe itu udah kayak bingkai foto dan buku kenangan pribadi yang suka dipajang untuk sendiri. mengingat hal-hal penting yang ingin diingat kembali. tapi lagi lagi, penting sekali hikmah dan pelajaran dari ILC itu. awsome.


Menyaksikan ILC malam ini memberikan banyak hikmah dan pelajaran random yang sangat bermanfaat :

* Penting sekali berbicara dalam sebuah forum dengan punya kapasitas dan penguasaan serta pemahaman yang mendalam terhadap sebuah tema bahasan. apalagi forum formal didepan publik & media massa.

* Semakin besar jabatan, semakin besar tanggung jawab. ya, ini adalah konsekuensi logis yang sering terlupakan.

* Kecerdasan, Kebaikan, ditambah dengan komitmen dan keteguhan pada kebenaran yang dilandasi keberanian yang jujur, akan melahirkan keajaiban hasil yang menakjubkan. sulit dijelaskan, tapi nyata dirasakan.

* Ah, ini yang penting dan fakta menarik untuk diperhatikan. kemampuan mengkomunikasikan fikiran dan pendapat kita kepada publik dan masyarakat sangat penting dan berpengaruh pada reaksi yang akan didapatkan.

* Indonesia masih punya banyak tokoh-tokoh intelektual yang patut dibanggakan. semoga berdayaguna dalam penegakan kebaikan & kebenaran.

* Selalu salut dan kagum pada anak-anak muda yang cerdas, berani dan agresif tapi tetap mampu mengendalikan diri dan emosi . *darah muda.

* Khusus kali ini ; khusus untuk para penegak hukum Tuhan. mereka-mereka yang dipundaknya ada amanah besar, semoga Engkau kuatkan mereka yang jujur, setia pada yang baik dan benar, dan berani menegakkan kebenaran hukum di negara ini. mereka orang-orang biasa dengan tugas yang tidak biasa. semoga mereka Engkau kuatkan Tuhan. Aamiin.

* KI ; Ketidakpercayaan masyarakat pada penegak hukum saat ini mengkhawatirkan. ini krisis modal sosial, lebih mengerikan daripada krisis modal ekonomi. (bagian ini membuat tercenung. negara ini punya banyak komplikasi masalah. *sedang masa ujian*.semoga Engkau tunjukkan jalan-jalanMu)

* Seperti apapun keadaan / ujian negara ini, semoga kami juga bisa menjadi bagian dari solusi, dalam bentuk apapun itu Tuhan. Sekalipun yang paling minimal tidak bisa menjadi bagian solusi dari masalah yang sudah ada, setidaknya tidak jadi bibit masalah lain.

* Optimisme. Keberanian. Kecerdasan. Keberpihakan pada kebaikan dan kebenaran, Keteguhan dan ketegaran dalam ujian yang dilalui dengan sabar, selalu berhasil menjadikan sosok pribadi tumbuh mengagumkan .

Jadi teringat kata Ibu Ainun di filmnya itu(lagi-lagi) ; "Ada banyak cara mencintai dan berbakti pada negeri ini".

Ayo yang Muda, Dunia ini masih butuh banyak kontribusi dari pribadi-pribadi inteletual yang peduli pada masa depan bangsa. ^^

*Ini tema berat. namun sayang sekali jika dilewatkan rangkumannya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar